Uncategorized

Museum Pusaka Nias, Salah Satu Museum Terbaik di Indonesia

Halo Anak Anak Muda Millenials.
.
.
Mau liburan kemana kawan di penghujung tahun ini? Coba kalian cek dulu wisata indah Sumatera Utara ini yaitu di Pulau Nias. Lestarikan dan mari kita tingkatkan kawasan wisata ini sob.
.
Museum Pusaka Nias adalah salah satu destinasi paling dicari saat berkunjung ke Pulau Nias. Di samping merupakan museum satu-satunya, juga di museum ini kita akan dapat melihat benda-benda menarik dari koleksi 6000 artefak unik. Museum keren ini beralamat di Jalan Yos Sudarso No. 134-A Gunung Sitoli 22812, Nias Sumatera Utara.
.

Museum Pusaka Nias telah diakui sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia. Museum Pusaka Nias dikelola oleh Yayasan Pusaka Nias yang bersifat sosial dan nirlaba. Yayasan Pusaka Nias didirikan oleh Pastor Johannes Hammerle yang telah bekerja di Nias sejak tahun 1971.
.
Museum Pusakan Nias didirikan pada tahun 1991. Museum ini terletak di pinggir laut, berhadapan dengan samudera Indonesia di Kota Gunung Sitoli berjarak 20 km dari Bandar Udara Binaka dan berjarak 750 m dari Pelabuhan Angin. Selain menyuguhkan berbagai pameran cagar budaya, Museum Pusaka Nias juga menyediakan Café, Lodges (Penginapan), Mini Zoo, Ruang Pertemuan, Perpustakaan, dan Taman Rekreasi.
.

Museum ini berfokus pada berbagai kegiatan pelestarian budaya Nias mulai dari pengumpulan berbagai artefak budaya Nias, pembudidayaan taman berkhasiat obat, konservasi flora dan fauna Nias dan mengadakan pertunjukkan tari dan musik melalui sanggar. Turis lokal maupun Mancanegara dapat mengunjungi museum setiap hari.
.

Untuk transportasi, dari Medan tersedia penerbangan dengan Merpati dan SMAC. Setiap harinya setidaknya ada dua penerbangan, pagi dan siang. Tarifnya berkisar Rp 500.000. Pesawat akan mendarat di Bandara Binaka, Gunung Sitoli. Dari Sibolga menuju Gunung Sitoli menggunakan kapal fery cepat selama 3 jam dengan tarif termahal Rp.100.000.


.
#KitaPulang #BangunSumut

SUMBER
pesona.indonesia.travel
museum-nias.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *