Mau tau apa itu bangun sumut?

Kita Pulang (?)

“ Jadi kambing di kampung sendiri,
tapi banteng di perantauan. ”

Bagi orang-orang Sumatera Utara, khususnya Medan secuil lirik lagu ini tentu tidak asing di telinga, sebuah lagu yang menggambarkan secara tersirat mengenai orang-orang Sumatera Utara yang terkenal dengan budaya merantau. Budaya pergi meninggalkan kampung halaman dengan harapan meraih sukses di negeri orang.

Ada jutaan orang Sumatera Utara yang merantau dan mengadu nasib di luar Sumatera Utara. Mereka berkarya & menjadi orang-orang berpengaruh di tempatnya merantau. Bahkan, sudah tak terhitung jumlahnya perantau Sumatera Utara yang berhasil menduduki posisi-posisi strategis baik di perusahaan nasional, multinasional bahkan di pemerintahan.

Beberapa puluh tahun yang lalu ada sebuah gerakan yang diinisiasi oleh almarhum Gubernur Raja Inal Siregar untuk Sumatera Utara, “Marsipature Hutanabe” yaitu sebuah gerakan untuk membangkitkan kembali rasa cinta akan kampung halaman & turut ikut serta dalam membangun kampung halaman.

Beberapa tokoh sukses yang bisa kita jadikan contoh nyata diaspora Sumatera Utara yang telah berhasil mengaplikasikan konsep “Marsipature Hutanabe” adalah Bapak Akbar Tanjung & Feisal Tanjung yang mendirikan Sekolah Plus Matauli, salah satu sekolah semimiliter terbaik di Indonesia, kemudian Bapak TB Silalahi dengan Museum Batak nya serta yang terbaru Bapak Luhut Panjaitan dengan Institut Teknologi DELL yang berhasil mengirimkan dua siswanya ke NASA dengan hasil penelitian mereka dan banyak lagi orang orang Sumatera Utara yang sukses dan mampu memberikan kontribusi nyata untuk kampung halamannya.

Oleh karena itu, lewat BangunSumut.com kami ingin mengajak teman-teman baik yang ada di rantau maupun di kampung halaman untuk mendefinisikan kembali arti “pulang” yang sebenarnya. Kalau selama ini kita mendefinisikan pulang hanya sekedar kembali ke kampung halaman, maka “pulang” menurut BangunSumut.com adalah dengan memberikan perhatian dan sensitifitas tentang apa yang sedang terjadi di Sumatera Utara, Pulang adalah tentang membawa ide ide ber-impact nyata untuk kampung halaman & dengan cara ikut ambil bagian dalam setiap kegiatan BangunSumut.com.

BangunSumut.com hadir sebagai representasi pemuda millenials yang tidak hanya menjadi penonton dalam setiap perubahan tapi ikut ambil bagian sebagai pendobrak, pembaharu dan pembawa perubahan yang nyata dan positif untuk Sumatera Utara. Kami yakin generasi muda mampu memimpin perubahan dengan berkontribusi nyata dengan karyanya. Kami percaya generasi muda mampu menciptakan peran strategis yang tidak harus menunggu tua dan kaya untuk menjadi sesuatu yang bermanfaat. Bukankah kita generasi yang tumbuh dengan fleksibilitas dan mobilitas yang sangat tinggi?

Kita tak harus menjadi orang besar dahulu untuk kemudian menginspirasi. Sebagai generasi millenials yang selalu tertarik dengan tantangan & merespon cepat setiap perubahan, maka melalui BangunSumut.com kita akan memulainya dengan tindakan kecil dan lokal yang mampu menginspirasi dan membuat sebuah perubahan.
.
.
.
Lalu seberapa siapkah kamu untuk PULANG ?

HORAS, MEJUAH JUAH, AHOI…
NJUAH NJUAH, YAAHOWU…

FOUNDER BY :
Naufal Ritonga